BERBISNIS BUTUH KREATIVITAS, BERBISNIS BUTUH NIAT DAN IMPIAN BESAR, BERBISNIS BUTUH KETULUSAN. MENTAL “DINDING” AKAN MENGHALANGI MELEJITNYA POTENSI DIRI

Posted: 9 Agustus 2014 in Keuangan, Manajemen
Tag:, , , , , , ,

——————————————————————
IBARAT BOLA, SEMAKIN DIBANTING SEMAKIN TINGGI LOMPATANNYA
——————————————————————MOTIVASI4

MOTIVASI12

MOTIVASI8

Setelah menjalani bisnis dengan bentuk partneran dan tim, akhirnya sy mendapatkan pelajaran berharga. yaitu…

SAYA BISA BELAJAR TENTANG KARAKTER ORANG DALAM BERBISNIS.

rupanya…. lebih enak berpartner dengan orang yang menawarkan diri untuk bergabung. karena orang yang menawarkan diri memang punya impian dan punya tujuan jelas.

berbeda dengan orang yang saya mengajaknya untuk bergabung. mereka bergabungnya dengan setengah hati, entah segan pada saya, entah ingin tapi setengah2 dalam menjalankan, entah memang malas tapi ingin uang banyak.

selama 7 bulan menjalani terlihat sekali siapa yang benar2 mau menjalankannya dengan telaten. dia adalah yang memang berlapang hati menawarkan untuk menjalani bisnis ini. omset mereka selalu ada tiap bulan. walau ada yang tidak mencapai target. namun itu saya acungi jempol, berarti itu ada upaya untuk menjemput rezeqi dan mengubah dirinya menjadi manusia yang produktif.

sedang mereka yang tidak aktif, saya dapati selalu berkata “produknya mahal, saya tak ada modal untuk mendahulukan, saya sibuk, orang sini susah-susah, sudah banyak produk lain saingannya berat, n bla…bala”

okey… saya terima alasan itu. namun saya ingin bertanya balik, ITU PERMASALAHAN BISNIS NAMUN KENAPA SEBAGIAN ORANG BISA MENJALANKAN DAN BISA MENCAPAI TARGET KEMUDIAN MENDAPATKAN IMPIANNYA ?

kita sama diberi waktu 24 jam, kita sama diberi akal pikiran, kita sama diberi kecerdikan, kita sama diberi peluang, kita sama diberi tantangan, NAMUN KENAPA KITA TIDAK SAMA DALAM MENYELESAIKAN PROBLEM DAN MENYELESAIKAN TANTANGAN INI, PADAHAL YANG KITA HADAPI SAMA 1 PERMASALAHAN ?

banyak orang lupa bahwa KESUKSESANNYA, KEBAHAGIAANNYA, TERCAPAI IMPIANNYA ITU KARENA IA BERHASIL MENGHANCURKAN TEMBOK HITAM DIJIWA DAN MENTALNYA.

dan itulah yang di sebut mentalblok. mental inilah yang menghancurkan seseorang. mental inilah yang membuat orang selalu pesimis terhadap keberlangsungan hidupnya. mental inilah yang membuat orang tak bisa telaten, tak bisa bersabar dan tak bisa berjiwa besar, tak bisa bersemangat, dan tak bisa memupuk harapan.

mentalblok menjadikan orang mempunyai sakit mental yang kronis. dan akan membawa kehancuran hidupnya. atau.. dia hanya hidup seadanya, sekenanya.

padahal…. Persoalan bisnis di atas bisa di atasi dengan cara yang sederhana. namun kita saja yang mempersulitnya.

pasti andapun akan balik menjawab, kalau begitu coba jelaskan bagaimana cara sederhana itu ? —-> #orang2_yang_bertanya_seperti_ini_adalah_orang_yang_ingin_meremehkan_menguji #dan_secara_tidak_sadar_ia_sedang_menjatuhkan_dirinya_sendiri.

bagi orang-orang yang cerdas serta kreatif, ia tidak akan langsung bertanya kepada orang yang memberikan wawasan. ia memikirkan dengan keras, ia mencari solusi dengan ketat, dan ia membuat strategi sematang2nya. ketika ia tidak mampu dan tidak menemukan solusi baru ia kembali kepada yang memberi wawasan tadi untuk mencompare (membandingkan) usahanya dengan usaha orang lain untuk mencari dimana salahnya.

nah…. karena tidak semua orang mempunyai karakter pemerjuang maka saya berbaik hati (cieee… 🙂 ) memberitahu bagaimana menyelesaikan permasalahan bisnis di atas.

1. produknya mahal —-> betul, itu tidak dipungkiri. memang produk berkualitas maka harga juga sepadan. namun jika dihitung secara mendetail itu tidak mahal.

misalkan 1 cream muka harga normal 123.000 (ini produk paling bagusnya, dan ada harga lebih murahnya denga kualitas standar dan sedang) dan kalau pas promo bisa harga 95.000.

mari kita hitung. cream itu bisa dipakai 3-5 bulan. berarti 123.000/3 : 41.000/bulan; jika 4 bulan 123.000/4 : 30.750/bulan, jika 5 bulan 123.000/5 : 24.000/bulan.

jadi kalau pas promo dan diskon 30%-40% pasti harga lebih murah dan jatuhnya pengeluaran tiap bulan lebih hemat lagi.

MASIHKAN AKAN MENGATAKAN MAHAL ? SEPERTINYA LEBIH MAHAL PULSA ANDA 1 BULAN JIKA PUNYA HAPE 2-5 HP. ATAU PAKAI MODEM lagi.

dan untuk menutup bulan belanja, maka hitunglah sebagai hutang. sehingga bulan berikutnya pendapatan untuk menyahur hutang belanja cream bulan lalu. sehingga tidak besar pasak dari pada tiangnya.

begitu juga dengan produk yang lain.
dan untuk mengantisipasi untuk mendapat harga yang murah, maka tunjukkanlah barang2 yang ada diskon. sehingga ia bisa melengkapi barangnya dengan harga hemat.

2. tak ada modal untuk mendahulukan —–> kalau begitu jujur saja ama pembeli bahwa tidak punya uang untuk mendahulukan. namun jadilah orang yang amanah. ketika barang sudah datang maka segeralah diantar. karena bisnis ini hanya bermodal katalog dan tidak bermodal uang jutaan rupiah. modal kecil yang bisa menghasilkan untung berjeti-jeti.

3.saya sibuk —–> jika selalu bilang sibuk apa tukar saja dengan saya hidupnya. saya menjadi ibu rumah tangga, saya mengurus anak, saya mengurus rumah, saya mengajar pagi anak2 Paud, siang ibu2 ngaji, sore anak2 TPA, malam ngajari syahla. dan kadang harus mengajar ke sekolah negeri, saya mengurus umat, saya berdagang, saya dikaruniai anak berkebutuhan khusus yang harus saya pantau selama 24 jam. harus saya jaga selama 24 jam. hingga saya merasa kurang waktu 24 jam yang Allah berikan. saking padatnya urusan yang harus saya kerjakan.

lalu anda… apakah urusan anda lebih padat dari saya ? kalau tidak percaya dan menyangsikan saya, yang kelihatannya hanya enak bisa duduk2, pegang hape bagus tinggal koling sana, koling sini, suami kerja dg gaji tetap, ayo…kita tukar kehidupan kalau begitu.

Ingatlah… !!! apa yang dilihat mata itu cenderung menyilaukan. seperti kita melihat lautan itu… semua terlihat datar2 saja. namun tidak tahunya semakin kita menyelam semakin dalam dan dasarnya semakin tajam2.

jadi masihkah akan berkata, “Ibu enak hidupnya…Anda enak hidupnya…, sedang saya lihatlah…penghasilan pas pasan, kadang suami kerja kadang nggak, kebutuhan anak banyak begini begitu dan bla…bla…”

ketahuilah…perkataan itu tanda tidak bersyukur dan tanda tidak bisa melihat dengan kacamata orang lain, tanda tidak bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain.

ketahuilah… apa yang Allah berikan kepada kita itu adalah nikmat terbaik yag pernah Allah berikan dalam hidup kita. karena belum tentu kita menjalani apa yang ditakdirkan untuk orang lain itu. untuk itu merunduklah soal dunia. MARI KITA SYUKURI DAN MARI KITA HIAS HIDUP INI DENGAN SESUATU YANG BERHARGA.

ketika sudah susah… jangan malah menyusahkan diri…tapi keluarlah dari kesusahan itu dengan cara belajar dari orang lain. duplikasilah caranya dan jangan banyak membantah. lakukan saja dulu…bila tak mendapatkan solusi maka diskusilah. SELALU ADA JALAN… IRI KEPADA ORANG LAIN BUKAN SEBUAH SOLUSI, TAPI AKAN MENGUBUR IMPIAN KITA. BELAJARLAH DARI ORANG LAIN JIKA INGIN MENIRU LANGKAH AJAIBNYA.

4. orang sini susah-susah —-> banyaklah bergaul dan banyaklah komunikasi. berbicaralah dengan hati yang tulus. niscaya akan mereka tangkap ketulusan itu dan akan mereka kembalikan dengan hal yang positif. HANYA KEBAIKAN YANG BERBALAS KEBAIKAN. DAN SANGAT JARANG KEBURUKAN BERBALAS KEBAIKAN. KARENA HANYA ORANG LUAR BIASA YANG BISA MEMBALAS KEBURUKAN DENGAN KEBAIKAN dan kita sepertinya belum sampai pada level itu.

5.Sudah banyak produk lain saingannya berat—-> tanda semakin produktifnya manusia adalah semakin banyak menghasilkan barang. dan barang itu akan terus beredar seiring bertambahnya penduduk manusia. jadi wajar jika banyak barang sejenis yang beredar dimasyarakat.

tinggal kita yakin tidak barang yang kita jual itu bisa menembus pasar atau tidak. jika kita yakin bisa menembus pasar, kenapa kita harus gengsi untuk menawarkan dan menjelaskan kelebihannya ? toh kualitasnya juga tidak jauh beda dengan yang sekualitas atau malah berkualitas tinggi dibanding yang kualitas “pasaran” ?

LETAKNYA TETAP DI KEMAUAN KITA. kemauan kita ini besar atau tidak.
KEMAUAN UNTUK MEMPERJUANGKAN IMPIAN ITU BESAR ATAU TIDAK ? KEMAUAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP KITA BESAR ATAU TIDAK ?

ya…#POTENSI_yang_BESAR_akan_dianugerahkan_kepada_mereka_yang_memiliki #NIAT_dan_MIMPI_yang_BESAR

untuk itu… masihkah kita akan tetap bertahan pada keadaan kita sekarang ? padahal tuntutan dunia semakin kuat dan semakin keras. sedang kita punya tugas besar sebagai Kholifah Allah. Bagaimana kita bisa menjadi kholifah Allah sedang kita tak bisa menyeimbangkan tuntutan dunia dengan tuntutan akherat ?

untuk memaksimalkan kekholifahan kita di dunia, maka kita harus menyelesaikan persoalan duania kita. sehingga ibadah pun menjadi tenang. bagaimana caranya. MERUBAH HIDUP MENJADI LEBIH BAIK,MEMBUANG MENTAL BLOK, MENGUBAH MINDSET DIRI, PUNYA TUJUAN JELAS, IKHLAS DAN SABAR, TAWAKAL DAN HANYA MENGHARAP RIDLO ALLAH SEMATA.

ayukk… kita sukses bersama. sukses dunia akherat bersama… jika orang lain bisa melakukannya… kita juga pasti bisa melakukannya.

saatnya merubah hidup kita dengan usaha maksimal… terus semangat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s