-*-*- JAMA’ATUL MUSLIMIN dalam PERSATUAN UMAT MUSLIM -*-*-

Posted: 2 Juli 2012 in Syahsyiyah Islamiyah

 

Kesuksesan dakwah adalah penyatuan berbagai manhaj (metode) dakwah dari kelompok-kelompok dak’wah. cita-cita dakwah tidak bisa tercapai dengan hanya satu manhaj kelompok dakwah saja.

wallahi cukuplah Aqidah sebagai dasar penyatuan itu. Al Qur’an sebagai dusturuna (undang-undangnya), Assunnah sebagai penjelasnya, jihad fisabilillah sebagai jalan dakwahnya dan syahid sebagai cita-citanya.

Problematika umat sungguh kompleks adanya. banyak penyelewengan-penyelewengan umat Islam dalam hal Aqidah, ibadah, masalah kepemimpinan  dan masalah syari’ah. hal ini bisa terjadi karena adanya kejahilan umat terhadap agamanya, adanya agresi kapitalis ke negeri-negeri muslim, dan adanya perang idiologi. Lalu apasih sebenarnya yang dibutuhkan untuk mencapai satu cita dakwah itu ?

1) Kesatuan tujuan—>kita tahu seorang muslim itu ada ta’lif (beban) dalam dirinya yaitu menegakkan DIENULLAH di muka bumi ini. nah dari sini kita tahu sebenarnya apa tujuan dakwah. yaitu tertegaknya hukum2 Allah di bumi dengan segala penerapannya. Lalu siapa yang bisa menerapkan semua itu ? Ia adalah sebuah sistem yang dibangun oleh dakwah itu yaitu sistem Islam. sistem Islam adalah bangunan sistemik (idiologinya) sekaligus fisik (bentuk pemerintahannya). Yang akhirnya kita menyebutnya dengan kekholifahan. ini adalah cita-cita dakwah. Ini adalah amanah dakwah, yaitu mengembalikan kembali hukum2 Allah diterapkan dimuka bumi ini. dan yang bisa menjalankan hal itu adalah kekholifahan. sehingga masalah kekholifahan itu bukan isu dari satu harokah saja namun ia adalah isu global umat Islam, semua harokah juga harus mengisukannya karena ia adalah amanah dakwah sekaligus cita-cita dakwah. Namun yang perlu dicatat, KEKHILAFAHAN BUKAN ISU CENTRAL DAKWAH, IA ADALAH UJUNG DARI DAKWAH ALIAS BUAHNYA. ISU UTAMA DAKWAH ADALAH PEMBENAHAN AQIDAH, PEMBENAHAN IBADAH, PEMBENAHAN MU’AMALAH, SOSIAL EKONOMI,POLITIK. KETIKA INI SUDAH MENYENTUH UMAT MAKA KEPEMIMPINAN ISLAM DITEGAKKAN DENGAN JALAN JIHAD. KETIKA JIHAD DILAKSANAKAN MAKA KEMENANGAN ISLAM AKAN DI RAIH, KARENA JIHAD ADALAH BENTENG DARI SEBUAH PERGERAKAN ATAU SEBUAH DAULAH ISLAM. KETIKA JIHAD TEGAK MAKA KEKHOLIFAHAN AKAN TEGAK. TERAPLIKASIKANLAH SYARI’AT UNTUK UMAT.

2) Kesatuan Aqidah —>ini adalah yang paling urgen. karena dasar pembangunan dakwah Rasulullah adalah aqidah ia isu pertama yang harus dibangun. kemudian diikuti oleh isu sosial muamalah.Dakwah ibarat bangunan rumah, aqidah adalah pondasinya. sebelum umat benar2 lurus aqidahnya maka tak akan tercapai cita2 dakwah itu. Ketika ketauhidan telah benar2 terpancang dalam diri umat maka secara otomatis persatuan itu akan muncul dari fikroh-fikroh mereka. Karena dasar pemikiran kebenaran itu berawal dari pemahaman tauhid yang benar.

3) Keterpaduan kepemimpinan—>ketika satu diantara banyak harokah saling menjustment dialah yang paling berjuang untuk tegaknya cita dakwah, untuk tegaknya DIENULLAH maka tak akan terjadi penyatuan kepemimpinan itu. untuk itu perlu adanya duduk bersama membicarakan masalah kesatuan kepemimpinan Islam ini. kebersamaan dalam menyatukan manhaj dakwah untuk mempercepat akselerasi pergerakan sehingga antara mereka yang bergerak dalam siyasi (dg niatan untuk mengubah dan menghalau sistem kuffur) dan yang diluar parlemen bs maju bersama untuk memperoleh kepemimpinan itu.

4) Kesatuan Undang-undang—>nah dari satu kepemimpinan ini maka akan muncul satu undang-undang. yaitu undang-undang Islam yang mengacu pada Al Qur’an dan Assunnah dan itu yang harus di ta’ati oleh umat muslim atau anggota-anggota dari harokah-2 yang telah masuk dalam wadah ini. ini belum masuk dalam tahapan daulah. namun telah ada kesepakatan antar jamaah baik bersifat negara atau global dalam hal ini. untuk segera menyatukan langkah dalam satu undang-undang kemudian diikrarkan dalam bentuk daulah khilafah atau sistem kekhilafahan secara global.

5) Jihad Fisabilillah —-> Jihad adalah benteng sebuah pergerakan, ia adalah pelindung sebuah kekuasaan, dan jihad adalah pelindung kekuasaan Islam. Satu semangat untuk menegakkan dienullah akan membakar semangat jihad yang sama dari berbagai harokah islam. Jihad dikerjakan ketika umat islam di tindas, ketika kafir merebut kekuasaan dan berbuat sewenang-wenang terhadap kaum muslimin. jihad bisa menyatukan umat, karena ia yang memadukan ta’limul qulb para pengemban syahadah.

dari dasar2 penyatuan di atas maka diaplikasikan strategi-strategi untuk mewujudkannya.

1) Pengajaran Islam pokok dan cabangnya secara terarah. yang menghindar dari ta’ashub (fanatik) maupun ashobiyah (membanggakan golongannya).

2) Mengusai mass media sebagai wadah publisitas kepada umat. agar visi dan misi penyatuan itu segera tersampaikan kepada sasarannya. dan mengkounter isu2 miring yang disebera kaum kapitalis dan orientalis dalam memecah belah umat.

3) Adanya ekonomi yang independen. sepanjang ekonomi masih bergantung pada kaum kapitalis maka selamanya akan terjajah. dan itu sungguh sulit untuk terlepas dan membuat perencanaan tersendiri. karena mau tidak mau tetaplah ada M o U yang harus dijalani. masih ingatkah dengan proses pemboikotan perekonomian yang dilakukan kaum Quraisy kepada Rasulullah dimasa awal dakwah ? Rasululah berani mengambil resiko itu selama 3 tahun…dan akhirnya Allah memberikan pertolongannya.karena begitulah jalan dakwah ia tdk harus mulus karena sebagai bukti pengucapan sumpah syahadah kita. penganiayaan adalah pembuktian bahwa kita bukan termasuk orang2 yg DUSTA atas janji dan ikrar kita pada Allah.

4) Kemandirian dalam segala kebutuhan.ini sepertinya sama dengan keterangn 3) di atas.ketika umat muslim masih selalu menggantungkan diri atas semua kebutuhannya pada kaum kapitalis orientalis maka untuk selamanya akan terjajah. disini dibutuhkan keberanian untuk setiap individu untuk mulai beralih pada produk2 Islam secara perlahan. Apabila pasar telah merajai dari produk2 Islam insyaAllah kualitaspun akan bisa menandingi produk2 kapitalis itu. masalah dilapangan kenapa produk Islam kualitasnya lebih rendah hal ini disebabkan oleh perputaran modal yang perbedaannya sangat signifikan dengan laba yang diperoleh. sehingga untuk bertahan saja sudah sebuah kesyukuran. tetap butuh kerjasama antara konsumen muslim dan pengusaha muslim tersebut.

5) Mendirikan pusat-pusat ilmu pengetahuan. Ini adalah hal urgent yang sebagai langkah real dalam pergerakan. ilmu yang telah tersebar semua telah dikuasai oleh kaum kuffar sehingga mereka telah menyalahi apa yang seharusnya sesuai khithoh Al Qur’an. untuk itu untuk membersihkan pemikiran2 sekuler maka harus ada lembaga-lembaga kajian ilmiah untuk membersihkan faham2 yang terselip yang mereka lancarkan. Jika dasar2 itu telah dipunyai umat Islam ana yakin entah itu dari harokah manapun apabila telah memahami yang bisa menjadi benih penyatuan itu maka akan memperjuangkan penyatuan itu. karena sekali lagi tak akan bisa tujuan dakwah tercapai dengan satu manhaj dakwah harokah. Semoga jama’atul muslimin itu segera terwujud dan ini bisa terwujud dimulai dari diri kita sendiri untuk mengkondisikan diri tidak gampang menjustment sebuah jama’ah harokah pergerakan Islam. tidak ta’ashub (fanatik golongan) atau tidak Ashobiyah (membanggakan golongan sendiri). ini benih jika ingin persatuan umat Islam. jika diantara kita masih ada benih tidak suka dengan harokah lain jangan harap persatuan itu akan terwujud. karena kita adalah bagian kecil dari sebuah tubuh. ibaratnya adalah sel. dan apabila sel itu sakit maka akan berimbas pada jaringan dan apabila jaringan itu sakit maka akan berimbas pada organ. apabila organ sakit maka tubuh itu tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

6. Perlunya semua perkemahan pelatihan kemiliteran untuk generasi muda.

JADILAH SEL YANG SEHAT WALAU BAGIAN TERKECIL NAMUN MENYUMBANG PERAN BESAR BAGI PERGERAKAN TUBUH DALAM ISLAM. HAYYA BIL JIHAD YA IKHWAH FILLAH…!!! JAGALAH UKHUWAH ITU HILANGKAN KEBENCIAN TANAMLAH KEDAIMAIAN DALAM HATI DAN TEBARLAH RAHMAH ISLAM KEPENJURU TAPAK KITA BERDIRI. semoga barokah…*az

Komentar
  1. Cora mengatakan:

    I actually had to discuss this article, “-*-*- JAMAATUL
    MUSLIMIN dalam PERSATUAN UMAT MUSLIM -*-*- | Imatuzzahra’s Blog” together with my personal pals on fb. Isimply just planned to distributed your wonderful writing! Thanks a lot, Lon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s