*_* Cara Meraih Sebuah Prestasi *_*

Posted: 9 Juni 2011 in Uncategorized


Gali Potensi Diri Anda, Who I am I ?

 

Pernahkah Anda bertanya pada diri Anda tentang diri Anda sindiri ? Jika pernah itu bagus, karena dengan Anda mengetahui diri Anda maka Anda akan tahu potensi apa yang bisa Anda lejitkan pada diri Anda. Jika jawabannya belum pernah, maka Anda termasuk orang yang merugi dan tertinggal. Karena Anda telah kehilangan peluang besar untuk melejitkan potensi yang ada pada diri Anda. Tapi jangan khawatir wahai yang ingin luar biasa, Anda mulai detik ini masih berkesempatan untuk bertanya pada diri sendiri. Kemudian memperbaiki diri Anda untuk mengetahui potensi apa yang harus dilejitkan.

Who I am I ? Ya, siapa diri saya. Coba Anda ambil kertas atau buku dan mulai tuliskan siapa Anda. Jangan ragu untuk menulis kelemahan dan kelebihan Anda, karena itu menjadi tolak ukur Anda untuk bergerak maju. Buat daftar pertanyaan seperti dibawah ini :

 

Siapa saya ?

Siapa yang menciptakan saya ?

Dari apa saya di ciptakan ?

Kenapa saya diciptakan ?

Kemana saya akan kembali setelah mati ?

Kepada siapa saya mempertanggungjawabkan hidup ini ?

 

Watak saya ?                          Sifat saya ?

1. ___________________      1. ____________________

2. ___________________      2. ____________________

3. ___________________      3. ____________________

4. ___________________      4. ____________________

5. ___________________      5. ____________________

6. ___________________      6. ____________________

7. ___________________      7. ____________________

8. ___________________      8. ____________________

9. ___________________      9. ____________________

10. ___________________    10. ___________________

Dan seterusnya. Tulis sebanyak-banyaknya.

 

Kelebihan saya ?                   Kekurangan saya ?

1. ___________________      1. ____________________

2. ___________________      2. ____________________

3. ___________________      3. ____________________

4. ___________________      4. ____________________

5. ___________________      5. ____________________

6. ___________________      6. ____________________

7. ___________________      7. ____________________

8. ___________________      8. ____________________

9. ___________________      9. ____________________

10. ___________________    10. ___________________

Dan seterusnya. Tulis sebanyak-banyaknya. Dan buat sebuah pernyataan tulus dari hati nurani Anda tentang diri Anda, komitment Anda terhadap rencana dan bagaimana mempertahankannya. Misalnya,

 

Saya adalah sosok manusia yang diciptakan dari mani*. Untuk itu saya tidak boleh menyombongkan diri dihadapan Tuhan dan manusia, karena kita setiap manusia adalah sama. Mempunyai tugas dan kewajiban yang sama, untuk mengabdi pada yang kuasa. Bersyukur padaNya. Karena saya telah dikaruniai banyak kelebihan seperti yang saya tulis, walau masih banyak kekurangan dan kelemahan pada diri saya. Saya harus memaksimalkan potensi kelebihan saya sebagai rasa syukur saya terhadap Tuhan yang menciptakan saya. Saya harus mencetak sebuah prestasi sehingga saya bisa berguna bagi keluarga, masyarakat serta umat di muka bumi ini. Ketika saya telah mencapai apa yang saya inginkan, saya tidak boleh melupakan Tuhan yang menjadi Rabb saya. Karena dialah yang telah menciptakan saya. Walau hanya setetes mani, tapi saya mampu menjadi manusia yang sempurna, yang derajat saya lebih tinggi dari makhluk lainnya. Tugas saya sekarang adalah mencetak sebuah prestasi dan beribadah sebagai rasa syukur saya telah muncul di dunia ini sebagai aktor gelanggang kehidupan nyata, yang mampu mencetak sebuah prestasi dan berguna bagi umat manusia. Harus berubah, mulai dari sekarang dan segera kerjakan !

 

Mungkin itu sedikit surat pernyataan Anda, yang bisa ditempel di kamar tidur Anda. Sehingga ketika Anda akan tidur, Anda akan selalu membacanya. Sehingga mengingatkan Anda untuk terus bersiap dan tidak boleh loyo, optimis di esok hari bahwa Anda akan memulai sesuatu dengan sesuatu yang baik sebaik pikiran Anda ketika akan tidur.

Asupan-asupan seperti itu sangat membantu otak Anda mempengaruhi emosional Anda. Dari asupan kata-kata yang menyemangatkan Anda, menjadikan Anda manusia yang produktif. Rencana akan banyak bermunculan di otak Anda, sehingga Anda akan mudah dalam melakukan semua pekerjaan yang akan menjadi pendobrak kesuksesan Anda.

Dari mengetahui siapa Anda, Anda akan tahu apa yang akan Anda butuhkan untuk melejitkan potensi Anda. Anda akan tahu apa yang sebenarnya anda inginkan. Anda akan tahu apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Anda bisa menggunakan pengalaman-pengalaman Anda yang telah lalu untuk mengawali kehidupan sukses Anda. Akan mengetahui kenapa Anda kemarin bisa sukses dan bisa gagal. Sehingga Anda bisa merencanakan masa depan yang lebih baik.*az

 

catatan :

*

Tinggalkan Balasan

