Ciri-Ciri Da’wah

Posted: 22 Maret 2011 in Syahsyiyah Islamiyah

Disini akan saya coba untuk mengurai tentang cirri-ciri da’wah. Dimana ciri-ciri ini dapat digunakan untuk mengurai apakah jama’ah Islam yang mengatasnamakan pengusung da’wah penegak kalimatullah di muka bumi memang telah benar dan lurus seperti khithoh da’wah yang dibawanya.

Ciri-ciri tersebut adalah :

  1. <b>Orang-orang yang ada dalam jama’ah tersebut bernuansa ketuhanan.</b>

Dan tidak mungkin bagi seorang yang telah diberi Kitab oleh Allah, serta hikmah dan kenabian, kemudian dia berkata kepada manusia, “Jadilah kamu penyembahku, bukan penyembah Allah”, tetapi (dia berkata), “Jadilah kamu pengabdi-pengabdi Allah, karena kamu mengajarkan Kitab dan karena kamu mempelajarinya” (Ali Imran : 79)

 Orang-orang yang ada dalam jama’ah itu sangat konsisten terhadap konsekuensi dari LAA ILAAHA ILALLAH yaitu mentauhidkan Allah.

 Tauhid meliputi :

  • Beriman pada asma wa sifat Allah

  • Rububiyatullah meliputi

Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam” (QS 1 : 2)

Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk kepada perintahNya. Ingatlah ! segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha suci Allah, Tuhan seluruh Alam” (QS. 7 : 54)

1. Pengakuan bahwa Allah adalah PENCIPTA

Yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tidak mempunyai anak, tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan (Nya), dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat” (QS. 25 : 2)

2. Pengakuan bahwa Allah adalah PEMBERI REZEQI

Aku tidak menghendaki rezeqi sedikitpun dari mereka dan aku tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepada-Ku

Sungguh Allah, Dialah Pemberi rezeqi yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh.” (QS. 52 : 57-58)

3. Pengakuan bahwa Allah adalah PEMILIK segalanya

Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia dikehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu” (QS. 2 : 284)

4. Pengakuan bahwa Allah adalah RAJA

Pemilik hari Pembalasan” (QS 1 : 4)

Raja manusia”(QS 114 : 2)

Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka, ayat-ayatNya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata. (QS. 62 : 2)

  • Mulkiyatullah

    1. Pengakuan bahwa hanya Allah sebagai PEMIMPIN

    2. Pengakuan hanya Allah sebagai pembuat hukum

    3. Pengakuan hanya Allah sebagai PEMERINTAH

Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk kepada perintahNya. Ingatlah ! segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha suci Allah, Tuhan seluruh Alam” (QS. 7 : 54)

4. Pengakuan hanya Allah YANG DITUJU

Katakanlah (Muhammad), “ sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan Seluruh Alam” (QS. 6 : 162)

  • Uluhiyah—-> Allahlah ILAH (AL MA’BUD (YANG DIIBADAHI) YANG ABADI)

Sembahan Manusia” (QS. 114 : 3)

Katakanlah (Muhammad), “Wahai orang-orang kafir !. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamamu dan untukku agamaku” (QS. 1-6)

Wahai manusia sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa” (QS 2 : 21)

Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) Dia melindungi orang-orang sholeh” (QS. 7 : 196)

YANG LAYAK DIBERI WALA’ (LOYALITAS)

Sesnggunya penolongmu hanyalah Allah, RasulNya dan orang-orang yang beriman, yang melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, seraya tunduk kepada Allah” (QS. 5 : 55)

YANG WAJIB DITAATI

Wahai orang-orang yang beriman ! Ta’atilah Allah dan ta’atilah RAsulNya dan ulil amri (pemegang kekuasaan) diantara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu, lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” (QS. 4 : 59)

—-> ulil amri diantara kamu : pemimpin Islam….minkum (diantara kamu) itu menunjukkan golongan kaum muslimin. Bukan pemerintahan diluar dan selain pemerintahan yang menganut system selain Islam.

Dan ingatlah karunia Allah kepadamu dan perjanjianNya yang telah diikatkan kepadamu, ketika kamu mengatakan, “kami mendengar dan kami menaati. Dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh Allah mengetahui segala isi hati” (QS. 5 : 7)

YANG HARUS DIBERIKAN OTORITAS KEPADANYA

<b>2. Islam sebelum organisasi</b>

Orang-orang yang ada dalam jama’ah itu mendahulukan Islam (VISI DAN MISI ISLAM) sebelum mendahulukan organisasi/jama’ah mereka.

VISI DAN MISI ISLAM ADALAH TERTEGAKNYA KALIMATULLAH DI MUKA BUMI DENGAN WUJUD DIAKUI DAN DIPAKAINYA SEMUA HUKUM-HUKUM DALAM AL QUR’AN DAN ASSUNNAH SEBAGAI LANDASAN KEHIDUPAN MEREKA.

Maka hadapkanlah wajamu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai ) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Dengan kembali bertobat kepadaNya dan bertaqwalah kepadaNya serta lasanakanlah sholat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah.

Yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Setiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka”. (QS. 30 : 30-32)

Wahai manusia ! sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh yang paing mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paing bertaqwa. Sungguh Allah Maha Mengetahui, lagi Maha teliti” (QS. 49 : 13)

Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapatkan petunjuk.” (QS. 3 : 103)

——> mengutamakan UKHUWAH ISLAMIYAH BUKAN MENGUTAMAKAN UKHUWAH SESAMA ANGGOTA JAMA’AH DAN LALAI UNTUK BERUKHUWAH DENGAN LAIN JAMA’AH

<b>3. Komprehensif tidak sebagian</b>

Wahai orang-orang yang beriman ! masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah syetan. Sungguh ia telah nyata bagimu” (QS. 2 : 208)

Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya Tuhanku telah memberiku petunjuk ke jalan yang lurus, agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus. Dia (Ibrahim) tidak termasuk orang-orang musyrik.

Katakanlah (Muhammad), “ sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam” (QS. 6 : 161-162)

———>YANG DIATUR, YANG DIURUS ADALAH SELURUH URUSAN UMAT YAITU TAUHIDULLAH, IBADAH, MUAMALAH, POLITIK, HUKUM DLL. LENGKAP TANPA TERPISAHKAN SATU DENGAN YANG LAINNYA. DAN SATU DENGAN YANG LAINNYA TAK TERPISAHKAN KARENA AKUMULASI DARI SATU PAKET DALAM SUMPAH SYAHADAH

<b>4. Modern tidak kuno </b>

Kuno disini adalah kuno dalam artian jahiliyah. Karena Islam adalah penerang kejahiliyahan dan penutup kebodohan maka konsepnya selalu cocok untuk segala zaman. Sehingga bila jama’ah aturannya semua menggunakan hukum Islam, apa yang diadobsi semua dari Al-qur’an dan assunnah maka itu sudah memberi tanda bahwa jama’ah itu sangat modern dan kekinian. Karena telah menyentuh seluruh aspek kehidupan yang sesuai dengan zaman itu.

<b>5. Local dan internasional</b>

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui” (QS. 34 : 28)

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam”. (QS. 21 : 107)

—> ISU YANG DIUSUNG TIDAK HANYA PERBAIKAN NEGERI SENDIRI MELAINKAN JUGA PERBAIKAN UNTUK SELURUH SISI BELAHAN BUMI. PERISTIWA DAN URUSAN UMAT MUSLIM DI BELAHAN BUMI LAIN MENJADI URUSAN DALAM JAMA’AH ITU.

<b>6. Ilmiah</b>

Dimana kajian yang ada di dalamnya memberikan pencerahan yang bisa menyadarkan untuk hidup Islami, sehingga akan muncul kesadaran Islami disetiap mengatasi dan menyelesaikan urusan yang sedang dihadapinya.

Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan dimintai pertanggungjawabannya” (QS. 17 : 36)

Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barangsiapa ingkar kepada Thoghut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus, Allah Maha mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. 2 : 256)

<b>7. Pandangan islami</b>

Pemikiran yang dibangun dalam gerakan dakwahnya untuk para anggotanya adalah pemikiran Islam, mempunyai idiologi Islam yang akan mempengaruhi pandangan dan persepsinya.

<b>8. Mempunyai sebuah kekebalan islam</b>

Kekebalan disini terbagi menjadi 3 :

– Memahami prinsip Islam —-> adanya konsep wala’ dan baro yg jelas

— Memahami fikroh (Pemikiran) —–> fikroh yg sellu dibawa adalah fikroh Islam dan tak tercampur oleh fikroh sekuler, liberalis maupun sosialis.

– Memahami system —–> system yang diadobsi dan diperjuangkan dan dipertahankan adalah system yang menggunakan konsep Islam

<b>9. Perubahan total bukan tambal sulam<b>

Perubahan yang dilakukan oleh jama’ah tersebut adalah perubahan universal menyeluruh. Yaitu mengubah dari system thoghut menjadi system Islam. Hokum thoghut dirubah menjadi hokum Islam, undang-undang thoghut menjadi undang2 Islam sehingga segala keputusan hidup dalam kehidupan seluruhnya berpedoman pada Al Qur’an dan Assunnah.

—– > merevolusi seluruh aturan kehidupan dari jahiliyah bin thoghut dengan aturan Islam, aturan seluruh aspek dalam perubahannya. Tidak mengganti satu dan mentolerir lainnya. Semua dihapus dan tergantikan dengan ahkamu (hukum) islam

Demikianlah cirri-ciri jama’ah pengusung dakwah Islam, pengemban risalah Rasulullah dan akan menegakkan dienullah dimuka bumi. Tafadhol untuk menilai satu persatu apakah jama’ah-jama’ah yang telah ada dan yang telah kita ikuti sudah memenuhi criteria di atas, jika menemui sebuah keraguan dan kejanggalan saatnya untuk berhijrah ke dalam jama’ah salim kaffah.

Dari mana kita tahu jama’ah itu salim kaffah ? dari cirri-ciri di atas dan kita telusuri sejarah pergerakan Islam, termasuk sejarah pergerakan Islam Indonesia setelah runtuhnya kekhilafahan ustmani. Rupanya ada jama’ah yang benar-benar masih tsiqoh dan istiqomah dalam menjaga khithoh dakwah para ambiya’.

Barakallah…JIKA ADA JALAN SABIL JANGANLAH ENGKAU MENCARI JALAN SUBUL. SIAPA JALAN SUBUL ? DIA YANG MENYEMPAL DARI POKOKNYA.

~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~

Dhuha ini telah selesai kutulis….sebagai penyemangat untuk terus mencari..ada kajian pagi ini…semoga ini bisa jadi sarapan pagi….

Bumi Allah, 13 MAret 2011

Dariku : ~*~Imatuzzahra Al Hurul’in~*~

~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~~*@#$%^&*~

Iklan
Komentar
  1. umfaristi berkata:

    ciri-ciri jama’ah yang shohih, ya? mm… pernah baca ‘pembentukan partai politik dalam islam’?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s